Demo Masak dan Pelatihan Pembuatan Molen Ikan Nila di Balai Desa Kajar

Kajar, Bondowoso. Antusias ibu-ibu warga desa Kajar, Tenggarang, Kabupaten Bondowoso meledak di balai Desa Kajar. Adalah kelompok KKN UMD 38 yang menjadi bintangnya dengan mengadakan acara sosialisasi pembuatan molen ikan nila yang kelak akan dijadikan produk unggulan Desa Kajar dengan sebutan MONELA3838 (Molen Ikan Nila). Produk ini dijadikan sebagai produk unggulan Desa Kajar karena desa ini memiliki potensi yang cemerlang perihal perairan dikarenakan melimpahnya sumber mata air.

Sosialisasi dimulai pukul 16.00 WIB, dibuka oleh moderator sekaligus pemateri, Sholikah (Mahasiswa KKN) dilanjut dengan simulasi pembuatan molen ikan nila oleh Ummu Salamah (Mahasiswa KKN). Adapun materi yang disampaikan ialah tentang pemilihan MONELA3838 sebagai OVOP (One Village One Product) di Desa Kajar dengan menjelaskan beberapa pertimbangan dan beberapa manfaat yang nantinya akan didapatkan dengan memproduksi MONELA38.

Sedangkan, untuk cara pembuatan molen ikan nila cukup sederhana, mirip dengan pembuatan molen pada umumnya, hanya saja adonan tepung tidak dibuat manis namun dengan resep yang sedikit asin sehingga dirasa pas di lidah ketika dipadukan dengan ikan nila. Ikan nila yang berukuran kecil membuat rasa MONELA38 semakin gurih dan ‘kriuk-kriuk’ di lidah, hal inilah yang menjadi nilai plus dan ciri khas dari produk MONELA38.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *