Penyuhan Tanaman Obat Keluarga

Pada hari Rabu (09/08/2017) mahasiswa KKN UMD 38 melakukan penyuluhan tentang TOGA (tanaman obat keluarga) kepada masyarakat didesa kajar. Pada penyuluhan tersebut, antusiasme masyarakat

sangat baik dan bisa menerima materi tentang TOGA.

Sebelumnya, sebagian masyarakat sudah mengenal apa itu yang namanya TOGA. Dengan penjelasan dari mahasiswi KKN masyarakat bisa mengenal lebih banyak  TOGA. Beberapa TOGA yang kami kenalkan yaitu: jahe, bawang putih, temulawak, kencur, lengkuas, daun salam, daun kemangi dan masih banyak lagi tanaman TOGA tersebut.

Penyerahan Toga oleh Sholikah kepada Kepala Dusun Selat, Nanang
Penyerahan TOGA secara simbolis oleh Sholikah kepada Kepala Dusun Selat, Nanang

 

Pada akhir acara, Sholikah, mahasiswa KKN UMD 38 memberikan TOGA secara simbolik kepada Nanang, Kepala Dusun Selat. Dengan tujuan agar tanaman tersbut bisa dipelihara dan dikembangkan di masing –masing pekarangan rumah warga. Mahasiswa KKN UMD 38 mengenalkan tanaman TOGA kepada masyarakat yang belum mengerti tentang manfaat tanaman TOGA. Sebenarnya sepele, tapi sebenarnya terdapat kandungan manfaat-manfaat yang bagus untuk menambah wawasan masyarakat.

Dalam hal ini, peranan masyarakat penting dalam membantu terciptanya masyarakat desa kajar yang mandiri dalam hal pengobatan. Dengan adanya penggerak, desa kajar diharapkan bisa dinobatkan menjadi desa yang memiliki tanaman TOGA pada setiap rumah dan tanaman itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat juga.

Mahasiswa KKN UMD 38 berharap, seusai penyuluhan TOGA masyarakat mendapatkan ilmu yang berharga agar bisa diterapkan di setiap rumah dan juga bisa membatu agar pengobatan pertama pada saat sakit dengan menggunakan tanaman herbal. Dengan demikian mahasiswa KKN UMD 38 bisa memberikan ilmu yang berharga pada masyarakat Desa Kajar dan nanti bisa dibagikan keluar desa kajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *